10 Sikap yang Harus Dimiliki Oleh Guru dalam Pembelajaran

Berikut beberapa sikap yang harus dimiliki oleh seorang guru

  • Tanggung Jawab. Seorang guru harus mampu bertanggung jawab atas semua apa yang sudah diajarkan pada siswanya. Sikap tanggung jawab berperan sangat penting dalam pmbentukan keperibadian guru supaya lebih arif dan bijaksana. Disamping itu, sikap tanggung jawab akan membawa dampak postif bagi guru itu sendiri, guru yang bertanggung jawab akan dipercaya dan cepat naik pangkatnya. 
  • Cinta Damai (Toleransi ). Sikap toleransi harus ada pada semua guru, sikap ini akan menumbuhkan rasa kasih sayang dilingkungan sekolah. Toleransi juga akan memberikan dampak keharmonisan hubungan antara murdi dan guru, tanamkan sikap ini pada setiap model pengajaran dikelas. 
  • Komunikatif. Komunikatif pada dasarnya lebih mengarah pada kompetensi sosial. Seorang guru harus mampu menjalin komunikasi yang baik dengan para siswanya. Komunikasi yang baik akan memudahkan siswa bertanya dan menghilangkan rasa jaim pada guru yang bersangkutan
  • Menghargai Prestasi. Menghargai prestasi merupakan salah satu cara memotivasi siswa agar lebih giat dalam belajar. Mulailah haragi jerih payah siswa anda dalam bentuk apapun, karena mereka butuh suport atau dukungan yang kuat dari bapak dan ibu gurunya. 
  • Rasa Ingin Tahu. Rasa ingin tahu yang tinggi akan memacu semangat belajar yang kuat, tentunya jika anda menjadi tenga pendidik haruslah terus memperbaharui informasi demi kemajuan dalam model mengajar. Hali ini akan berpengaruh pada pola perkembangan anak didik kita.
  • Kerja Keras. Kerja keras disini berupa sebuah upaya seorang guru dalam mengajar. Kerja keras dalam memberikan semua pelajaran tanpa rasa malas. Guru yang pekerja keras akan membuahkan hasil yang maksimal.
  • Kreatif dan Inovatif. Ciptakan sikap kreatif anda dalam mengajar sehingga suasana kelas tidak membosankan. Inovatif dalam menghasilkan media pembelajaran yang menarik mungkin menjadi pilihan yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa anda.
  • Dispilin. Sikap disiplin seorang guru adalah hal yang paling utama. Tidaklah mungkin siswa kita disiplin jika gurunya saja tidak peduli dengan kedisiplinan. Displin yang baik akan memudahkan dalam pencapaian tujuan serta mengoptimalkan penggunaan waktu
  • Jujur. Jujur merupakan sikap mutlak yang tidak hanya dimiliki oleh seorang guru. Semua profesi mendambakan kejujuran demi sebuah transparansi hakekat profesi.
  • Religius, Religius lebih menonjolkan pada sikap taat pada sang pencipta. Dimana semua karakter luhur akan terbentuk melalui sikap yang religi. 
Semoga 10 sikap ini bisa kita maksimalkan dalam proses mengajar disekolah terlebih dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini dan tentu saja gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di RUANG SKRIPSI