Pendidikan karakter yang mencakup perbaikan budi pekerti manusia tentulah sangat penting untuk ditanamkan sejak awal. Banyak orang yang berpendidikan tinggi namun tidak memiliki etika dan karakter yang baik. 

Berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan karakter di usia dini. 

Dari sisi pertumbuhan
Pertumbuhan manusia sejak ia kecil akan lebih mudah untuk diajarkan dari pada sudah masuk usia dewasa yang sudah dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga keperibadianya mulai labil. Tanamkan pendidikan karakter sejak dini pada anak anda. 

Usia dini adalah usia percobaan
usia dini rentan dengan usia dimana sikap anak selalu akan menruti tingkah orang tuanya atau orang-orang yang dekat dilingkunganya. Ciptakan lingkungan yang baik dan jagalah sikap didepan anak, cara ini akan membuat model peniruan anak secaran cepat. 

Lebih mudah dikontrol
Mengontrol anak yang masih belia sangat gampang, dia cendrung menuruti perintah dan larangan orang tuanya. Kondisi ini memberikan peluang anda dalam menanamkan karakter yang mulia sangat besar. 

Langkah awal manatap masa depan
Karakter yang mantap sejak awal adalah langkah  jitu dalam menatap masa depan yang lebih baik. Bentuklah karakter anak anda dengan utuh mulai dari penanaman nilai-nilai dan budi pekerti luhur.
Kesimpulan: 
Penanaman karakter diusia dini adalah langkaH awal pembentukan peribadi yang bertanggung jawab, jujur, disiplin sesuai dengan esensi nilai-nilai yang ada dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter sedari awal bisa menjadi sebuah momentum kebangkitan bangsa kedepanya, masa depan bangsa adalah terletak pada generasi muda. Generasi muda yang memiliki karakter mulia adalah mereka yang di Idam-idamkan menjadi pemimpin bangsa. 

Mulai sekarang, mari tanamkan nilai-nilai yang baik didalam diri anak kita, siswa kita sehingga nantinya mereka bisa menjadi peribadi-pribadi yang tumbuh dengan membawa sejuta manfaat. 
Sekian..semoga bermanfaat. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini dan tentu saja gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di RUANG SKRIPSI