Tips Membuat Presentasi untuk Seminar Proposal Skripsi

           Seminar Proposal biasanya berkisar antara 10-15 menit dengan menjelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan ruang lingkup skripsi yang akan kita buat, pada pertengahan seminar akan diajukan beberapa pertanyaan mengenai apa yang akan kita buat, bagaimana dan kapan akan dibuat, terakhir akan diberikan saran, kritik dan masukan yang sekiranya dapat memperbaiki proposal kita.

Berikut adalah tips  membuat slide untuk  seminar Proposal Skripsi :

·         Buatlah slide proposal hanya pointnya saja, dalam hal ini buatlah slide sesingkat mungkin, cantumkan hanya point yang akan anda bicarakan, jangan mengcopy paste  isi proposal anda di dalam slide. Hal ini akan mencitrakan diri anda sebagai orang yang tidak menguasai materi.

·         Kutiplah sumber yang menjadi argumentasi anda dalam memberikan latar belakang bahwa judul anda layak dijadikan skripsi, misalnya dari pakar yang bersangkutan dan dari beberapa sumber (buku, ebook, jurnal, website independen yang kredibilitasnya tidak diragukan).

·         Kuasai materi seminar proposal anda, buatlah catatan kecil sebagai penjelasan singkat dari point yang sudah anda cantumkan dalam slide.

·         Berlatihlah 2-3 kali presentasi proposal anda untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.

·         Bersikap tenang dan fokus, fokuslah pada slide dimana anda sedang presentasikan, berikan agrument untuk setiap pernyataan yang anda kemukakan.

·         Jawablah pertanyaan penguji dengan tegas dan singkat, jangan memancing pertanyaan lain yang mungkin akan menjebak anda dalam kegagalan anda dengan tidak dapat menjawab pertanyaan dari penguji.

·         Kuasai materi seminar anda, belajar dan berlatih untuk menunjukan diri anda bahwa anda benar-benar menguasai materi yang akan anda seminarkan.

·         Jelaskan secara detail ruang lingkup dan batasan masalah dari proposal anda, jelaskan secara rinci bagaimana sistem anda akan bekerja dan bagaimana alurnya.

·         Terimalah saran dan kritik dari penguji, yang sekiranya dapat memperbaiki proposal anda, jika diluar koridor dari poposal anda bantahlah dengan argumentasi yang baik dan benar.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan email anda dibawah ini dan tentu saja gratis, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di RUANG SKRIPSI